Senin, 26 Januari 2009

RITUAL SEDEKAH BUMI DI KOTA METROPOLITAN

PhotobucketAcara ritual sedekah bumi atau bersih desa diadakan setiap tahun pada bulan suro/muhha ram,dengan tujuan bersyukur atas berkah yang diberikan oleh YANG MAHA KUASA kepada kita selama ini dan berterima kasih kepada nenek moyang yang sudah mendirikan desa,mempererat tali persaudaraan antar warga.

Photobucket
acara yang sebenarnya pesta rakyat biasanya diselenggarakan di pepunden(tempat yang dikeramatkan penduduk sekitar/makam dari pendiri desa tersebut),tapi kalo ga ada pepunden biasanya ya di balai desa.
Photobucket
jiburan wajib adalah wayang sebagai pembukaan,bisa juga diselingi acara lain seperti ludruk khas jawa timur,campur sari,dll,pagelaran wayang kulit diadakan 2sesion pertama pembukaan acara waktunya pagi dan malem hari sebagai penutup di gelar selama semalam suntuk.

puncak acaranya diwaktu pembukaan karena penduduk desa setempat setiap kepala keluarga diwajibkan membawa 1 tumpeng yang berisi ayam panggang utuh,nasi,urap-urap,dan lauk lainya ini juga sudah sesuai persetujuan bersama,kemudian tumpeng di kumpulakan menjadi satu di aula punden sesudah acara pembukaan dinyatakan di buka tum peng dibagikan ke warga lagi untuk acara makan bersama satu kampung,ini inti acara inti sebenarnya.

sayangnya acara seperti ini sudah jarang di jumpai di surabaya,mungkin karena pepundennya sudah banyak yang digusurdan masyarakatnya yang kurang peduli akan budaya negeri sendiri.
disurabaya hanya beberapa kecamatan yang masih menyelenggarakan acara seperti ini karena masih mempunyai pepunden pada tiap desanya...sayang sekali....
thumbnail
Judul: RITUAL SEDEKAH BUMI DI KOTA METROPOLITAN
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait budaya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy